Kemenperin Apresiasi Start Up Buatan Anak Bangsa

07 Des 2020 23.55 WIB


Ekonomi

 

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong pemberdayaan industri kecil dan menengah melalui pemanfaatan teknologi salah satunya lewat program Startup4Industry. Hal ini menyusul ditetapkannya program Making Indonesia 4.0 oleh Presiden Joko Widodo sebagai inisiatif untuk merevolusi industri dengan implementasi teknologi.

“Revolusi industri 4.0 membutuhkan peran serta startup sebagai implementator dan problem solver untuk mewujudkan Indonesia 4.0. Untuk itu, melalui ekosistem solusi teknologi yang dibentuk oleh Startup4Industry akan mendukung terwujudnya ekosistem industri 4.0,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Gati Wibawaningsih, Senin, 7 Desember 2020.

Rangkaian program Startup4Industry 2020 kali ini bertajuk “Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri”. Program ini merupakan stimulan yang diharapkan dapat mendorong munculnya ekosistem startup di bidang teknologi industri 4.0.

Menurut Gati, kehadiran start up mampu meningkatan efisiensi dalam hal biaya, energi, dan waktu untuk industri kecil dan menengah (IKM). Sentuhan inovasi teknologi dari tech startup dalam bidang logistik, pencatatan stock, produksi dan kemudahan untuk pengelolaan akun toko online adalah sebagian solusi yang dapat ditawarkan kepada IKM dalam melakukan pengembangan usaha dan bangkit pada masa pandemi saat ini.

"IKM menjadi salah satu sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Startup mampu membantu meningkatkan efisiensi IKM," kata Gati.

Sebagai langkah penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional, pemerintah juga telah menetapkan target program substitusi impor sebesar 35% pada 2022. Untuk bisa unggul dalam berkompetisi, utamanya di tingkat global, industri memerlukan solusi teknologi yang dapat dihadirkan, salah satunya melalui peran startup sebagai technology provider.

“Upaya substitusi impor ini kami harap tidak hanya pada produk, tapi juga pada penggunaan teknologi. Sehingga upaya untuk mensosialisasikan teknologi Indonesia melalui tema program Startup4Industry 2020 yaitu Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri sudah tepat, sebagai salah satu upaya untuk menekan dampak pandemi dengan memanfaatkan teknologi,” jelas Gati.

Acara Expose Day dan Penghargaan Startup4Industry 2020 akan disiarkan secara langsung di Youtube Kemenperin pada Selasa, 8 Desember 2020 mulai pukul 09.00 WIB. Acara tersebut merupakan panggung unjuk solusi teknologi karya anak bangsa untuk membantu industri dalam masa pemulihan ekonomi nasional akibat dampak Covid-19.

“Siapa startup terbaik sebagai implementator industri 4.0 akan diumumkan besok pada acara penghargaan kompetisi Startup4Industry 2020. Mari kita bersama membangun industri Indonesia dengan solusi teknologi karya startup Indonesia,” ajak Gati.

Sumber: https://soloaja.co/read/kemenperin-apresiasi-start-up-buatan-anak-bangsa




Bagikan :