RI Butuh Teknologi Lokal Tunjang Ekonomi Digital

08 Des 2020 23.42 WIB


Ekonomi

 

JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan penggunaan teknologi di tengah pandemi sangat dibutuhkan karena adanya social distancing, belajar dan bekerja dari rumah. Untuk itu, Indonesia mesti layanan teknologi dalam negeri memadai supaya berdampak luas bagi masyarakat dan industri.

Kementerian Perindustrian pun membesut program Startup4industry sebagai stimulan untuk mendorong terbentuknya ekosistem solusi teknologi yang menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider Indonesia.

Agus menjelaskan bahwa memberikan layanan teknologi yang adaptable bagi IKM adalah sebuah tantangan bagi para startup Indonesia, namun hal ini harus diwujudkan bersama karena 4,2 juta IKM Indonesia perlu didorong untuk berevolusi menuju industri 4.0.

“Kami percaya bahwa Making Indonesia 4.0 akan semakin meluas dengan semakin banyaknya startup yang akan menjadi implementator industri 4.0,” ujar Menperin, Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Sebagai informasi, berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek, dan Bain, ekonomi digital Indonesia tumbuh 11% di tengah kondisi pandemi dibanding tahun 2019. Pertumbuhan tersebut didorong oleh adanya kenaikan konsumen yang menggunakan teknologi digital sebanyak 37%. Bahkan, 93% yang telah melakukan perubahan perilaku digitalisasi tersebut, diprediksi akan tetap menggunakan layanan teknologi digital.

 

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2020/12/08/320/2323977/ri-butuh-teknologi-lokal-tunjang-ekonomi-digital?page=1




Bagikan :