Pemerintah Dorong Startup Jadi Akselerator Pertumbuhan Industri

24 Apr 2021 10.00 WIB


Teknologi Industri

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meluncurkan program Startup4industry 2021 bertajuk “Quick Adoption, Lasting Growth: Adopsi Teknologi Dengan Cepat Untuk Terus Bertumbuh” dalam acara Seminar Nasional Startup4Industry pada Kamis (1/4/2021), sebagai strategi transformasi industri menjadi lebih modern dengan memanfaatkan solusi teknologi dari tech startup Indonesia.

“Saat ini kita berada di era dimana digitalisasi terakselerasi dengan cepat, oleh karena itu pelaku industri harus mulai bertransformasi dengan mengadopsi teknologi. Bermitra dengan startup dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu transformasi teknologi industri,” kata Agus pada Seminar Nasional Startup4Industry 2021 secara daring.

 
 

di Jerman pada 12-16 April 2021, dimana Indonesia menjadi partner country untuk menunjukkan transformasi ekonomi Indonesia melalui Making Indonesia 4.0.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Kemperin Gati Wibawaningsih, menjelaskan bahwa program Startup4Industry 2021 memiliki serangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga Desember 2021 mendatang. “Terdapat kompetisi implementasi teknologi yang akan mendorong startup untuk melakukan proyek implementasi di industri, tech link atau temu bisnis startup dengan industri khususnya IKM, serta webinar untuk mensosialisasikan dan mengajak pelaku industri bertransformasi dengan teknologi dari startup,” jelas Gati.

Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari proyek prioritas pemerintah yaitu Making Indonesia 4.0, dengan cara menumbuhkembangkan startup berbasis teknologi yang mampu membantu industri, khususnya industri kecil dan menengah.

Penyelenggaraan program Startup4industry sepanjang 2018 - 2020 lalu berhasil menorehkan sejumlah pencapaian, diantaranya jumlah peserta kompetisi mencapai 514 startup, terdapat 15 proyek implementasi yang dikerjakan startup di IKM, 49 IKM
memakai solusi teknologi dari startup, serta 23 peserta Startup4industry berhasil lolos seleksi untuk tampil di Hannover Messe 2021.



Sumber: BeritaSatu.com

 

BAGIKAN


   




Bagikan :