Startup4Industry 2020, Wujud Pentingnya Inovasi dan Teknologi dalam Dunia Industri

17 Okt 2020 21.00 WIB


Industri

Menperin

JAKARTA - Pemerintah terus mengupayakan kemajuan dan kemandirian dalam berbagai sektor melalui pemanfaatan teknologi di era disrupsi digital, termasuk pada masa pandemi virus corona (Covid-19).

Teknologi dianggap sebagai solusi yang tepat dalam mewujudkan Making Indonesia 4.0, sesuai dengan apa yang selama ini diharapkan pemerintah.

Kementerian Perindustrian pun menggelar kegiatan 'Startup Tech Provider 4 Industry (Startup4Industry) 2020' sebagai salah satu langkah pemerintah dalam menekan dampak pandemi terhadapi industri melalui peran teknologi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan teknologi dan inovasi saat ini memiliki peran penting bagi dunia industri dalam menangkap potensi pasar.

"Inovasi dan teknologi menjadi suatu kunci yang sangat penting untuk bisa dihadirkan di tengah-tengah industri, salah satunya melalui peran startup sebagai teknologi provider," ujar Agus, dalam peluncuran virtual 'Startup4Industry' 2020, Rabu (14/10/2020) siang.

Ia pun berharap pemanfaatan teknologi ini bisa mendukung langkah pemerintah dalam melakukan subtitusi impor di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi.

"Sehingga upaya untuk mensosialisasikan dan mempromosikan teknologi yang dimiliki oleh anak bangsa melalui startup4industry 2020 bisa menekan dampak pandemi," jelas Agus.

Meskipun perekonomian melesu akibat pandemi, Agus pun optimis kegiatan ini mampu menciptakan kemajuan pada berbagai sektor yang menghubungkan industri dengan masyarakat serta membangun ekosistem teknologi yang mandiri.

"Kami percaya bahwa startup-startup bisa membantu menciptakan misalnya sistem logistik nasional yang berbasis digital, bisa menjembatani antara supply dan demand side, bisa menjembatani industri dan masyarakat," kata Agus.

Sumber berita: https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/10/14/startup4industry-2020-wujud-pentingnya-inovasi-dan-teknologi-dalam-dunia-industri




Bagikan :