Peserta Program Startup4Industry Bantu IKM Efisiensikan Waktu dan Tenaga

19 Jan 2024 15.00 WIB


Teknologi Industri

PEMERINTAH terus berkomitmen untuk mendukung transformasi teknologi di industri, khususnya industri kecil dan menengah (IKM) di Tanah Air melalui solusi dari startup Indonesia. 

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar program Startup4Industry sejak 2018.

Dirjen IKMA Reni Yanita menyebutkan sudah 2.037 startup yang mendaftar program Startup4Industry dan 1.115 di antaranya mengikuti program kompetisi implementasi teknologi Startup4Industry.

Kompetisi Startup4Industry merupakan sebuah kompetisi yang diikuti oleh startup Indonesia untuk menunjukan teknologi yang paling berdampak positif bagi IKM.

PT Trimitra Nusantara Sakti (Trinusa) yang menyabet Juara 2 kompetisi Startup4Industry 2023, memberikan solusi bagi industri manufaktur guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi pada mesin-mesin yang digunakan melalui sistem pencatatan yang cerdas.

Yoanes Fredy Sakti, Founder dan CEO Trinusa, adalah sosok dibalik terciptanya perangkat lunak atau software yang bernama Smart Module System.

Fredy mengatakan idenya tercetus ketika dirinya bekerja sebagai desainer di sebuah pabrik manufaktur bidang mold and dies, yang memproduksi lampu-lampu untuk sepeda motor pada 2007 silam.

Kala itu, Fredy melihat pencatatan yang dilakukan masih menggunakan metode manual atau tulisan tangan.

 

Tahun 2016, saat Fredy bekerja di manufaktur asal Jerman untuk membuatkan mesin filling dan packaging untuk perusahaan Food and Beverage (F&B) di Indonesia.

Fredy semakin terpacu membuat sistem digital yang memudahkan pelaku usaha. “Di situ saya mendapat perspektif baru soal digitalisasi," jelasnya dalam keterangan pers, Rabu (27/12/2023).

"Namun, pada 2018 saya memutuskan keluar karena gelisah ideologi saya belum bisa tertuang dan membangun Trinusa dan mengikuti program Startup4Industry tahun ini," katanya.

"Implementasi yang kami lakukan kepada mitra kami yaitu membantu pencatatan realtime mesinnya. Sebelumnya, kendala yang dialami pelaku usaha terletak pada kurangnya efisiensi perusahaan," terang Fredy.

"Smart Module System ini menangkap bahwa mesinnya ternyata 60% hanya standby dan tidak bekerja,” ceritanya.

 

Fredy mengungkapkan setelah memakai perangkat lunaknya, mitranya bisa mengetahui semua informasi dari mesin seperti sudah berapa lama mesin standby atau sudah berapa lama bekerja, berapa produk yang telah selesai hingga berapa banyak biaya konsumsi listrik yang telah terpakai secara realtime.

Sistem ini pun bisa membantu mesin-mesin import yang dapat disesuaikan dengan sistem pembayaran di Indonesia sehingga keuangan pun bisa tercatat dengan baik pula.

Software ini mencatat semua informasi dari mesin tersebut. Sehingga pelaku usaha bisa membuat kinerja mesin lebih produktif dan mengoptimalkan efisiensi biaya dan efektivitas produksi yang akhirnya income akan meningkat hingga 10-15%,” ujarnya.

Baca juga; Startup Legalku Siap Dampingi Hukum untuk Starfindo dalam Proses Fundraising

Bekerja sama dengan salah satu brand mesin roaster kopi, Fredy menanamkan Smart Module System di mesin tersebut. Mesin pun dapat mencatat setiap aktivitas produksi kopi untuk menghasilkan kinerja yang efisien, efektif dan dapat disesuaikan dengan pembayaran Qris di Indonesia

 

Bahkan, seorang pembuat kopi atau barista pun dapat menginput sebuah resep ke dalam mesin roaster tersebut sehingga selanjutnya mesin dapat memproduksi kopi yang sesuai racikan sang barista secara otomatis.

Sunaryono, Founder dan CEO PT Dieng Cyber Indonesia, Juara III kompetisi Startup4Industry 2023, mampu menciptakan berbagai software house sesuai kebutuhan pelanggannya.

Saat mengikut program Startup4Industry 2023, Dieng Cyber berhasil membantu mitra dengan meningkatkan omzet hingga 100%.

Usai Covid-19, mitranya mengaku masih menerapkan sistem bekerja work from home (WFH) untuk menekan biaya operasional dimana jam bekerja diatur oleh karyawan masing-masing ingin bekerja jam berapa dan istirahat di jam berapa. Namun, ternyata hal tersebut malah membuat bisnisnya mandek alias stagnan.

“Kami membantu dengan membuatkan software khusus bernama e-office S4I yang dapat memantau karyawannya bekerja atau tidak dengan memasang aplikasi kami di HP karyawan masing-masing sehingga terpantau apakah karyawannya sedang bekerja atau tidak,” ujarnya.

Dirjen IKMA Reni Yanita mengungkapkan program-program pembinaan tech startup yang konsisten dilakukan oleh Kemenperin diharapkan bisa membuka jalan bagi startup Indonesia untuk melebarkan pasar di sektor manufaktur dan juga mendorong percepatan transformasi digital industri Indonesia.

“Begitu juga Startup For Industry merupakan program yang berusaha mendorong generasi muda untuk menjadikan teknologi sebagai penyedia solusi bagi Industri,” katanya dalam puncak acara Gebyar IKMA yang digelar pada Kamis (14/12/2023). (S-4)




Bagikan :